Home Top Ad

Hasil belajar menurut para ahli

Share:
Menurut Thorndike dalam (Slavin, 2000), belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus adalah apa yang merangsang terjadinya kegiatan belajar seperti pikiran, perasaan, atau hal-hal lain yang dapat ditangkap melalui alat indera. Sedangkan respon adalah reaksi yang dimunculkan peserta didik ketika belajar, yang dapat pula berupa pikiran, perasaan, atau gerakan/tindakan. Jadi perubahan tingkah laku akibat kegiatan belajar dapat berwujud konkrit, yaitu yang dapat diamati, atau tidak konkrit yaitu yang tidak dapat diamati.

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin, 2000:143). Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Arah pengembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran hingga kini adalah aliran yang menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar.

Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.
Pada pembelajaran tradisional (teori) umumnya bercirikan tatap muka di kelas kelas yang berdurasi pendek, terisolasi/lepas-lepas, dan aktivitas pembelajaran berpusat pada guru. Sedangkan pembelajaran praktik khususnya praktik pada jenjang pendidikan kejuruan dimana aspek psikomotor lebih besar porsinya dibanding aspek kognitif dan afektif, kegiatan belajar relatif berdurasi panjang, holistik-interdisipliner, perpusat pada siswa, terintegrasi, dan sedapat mungkin dikaitkan dengan kebutuhan pasar (marketabel).

Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung dari beberapa hal seperti: tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, karakteristik pebelajar, media pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang tersedia. oleh murid.

Tidak ada komentar