Home Top Ad

Pengertian Aktivitas

Share:
Banyak ahli yang mengemukakan pendapat mengenai aktivitas. Menurut anton M Mulyono ( 2001: 26 ) Aktivitasadalah kegiatan atau keaktifan. Jadi segala sesuatu yang dilakukan ataukegiatan – kegiatan yqang terjadi baik fisik maupun non fisik, merupakan suatu aktivitas.

Menurut Sriyono aktivitas adalah segala kegiatan yang dilaksanakan baik secara jasmani atau rohani. Hal senada dikemukakan juga oleh Rahmayulis bahwa aktivitas mencakup jasmani dan rohani.
Aktivitas selama pembelajaran merupakan indikator adanya keinginan siswa belajar.

Menurut Dimyati ( 2009: 114 ) keaktivan siswa dalam pembelajaran memiliki  bentuk yang beraneka ragam, dari kegiatan fisik yang mudah diamati sampai kegiatan psikis yang sulit diamati. Kegiatan fisik yang dapat diamati diantaranya adalah kegiatan dalam bentuk membaca, mendengarkan , meragakan, menulis dan mengukur. Sedangkan kegiatan psikis diantaranya mengingat kembali isi materi palajaran pada pertemuan sebelumnya, menggunakan khasanah pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah, membadingkan satu konsep dengan konsep yang lain, dan lainnya.yang dapat membantu meningkatkan keaktivan siswa dalam belajar

1 komentar: