Home Top Ad

Hakikat Kemampuan Gerak

Share:
Kemampuan gerak dapat dipahami sebagai indikator dari tingkat kemahiran atau penguasaan suatu hal yang memerlukan gerak tubuh. Sukintana (2004:78) menjelaskan kemampuan motorik merupakan kualitas hasil gerak individu dalam melakukan gerak, baik gerakan non-olahraga maupun gerak dalam olahraga atau kematangan penampilan keterampilan motorik. Sementara Rusli Lutan (1988:96), menjelaskan bahwa kemampuan motorik adalah kapasitas dari seseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan dan peragaan suatu keterampilan yang relative melekat. Kualitas kemampuan motorik seseorang yang dapat mempermudah dalam melakukan keterampilan gerak, oleh karena itu kemampuan gerak dapat dipandang sebagai landasan keberhasilan masa yang akan datang didalam melakukan keterampilan gerak khusus, “seseorang yang memiliki kemampuan gerak yang lebih baik dari yang lain, diduga akan lebih berhasil dalam menyelesaikan tugas keterampilan gerak khusus” Kierkendall (1980:213).
Kemampuan yang dipelajari dengan baik akan berkembang mejadi kebiasaan. Hilgard dkk (1982:24), melukiskan “kebiasaan sebagai setiap bentuk yang berulang dengan cepat dan lancar, tersusun dari pola gerakan yang dapat dikenal”. Umumnya seseorang kurang memperhatikan rincian kegiatan kebiasaannya, kebiasaan relatif otomatis serta pola gerakannya berulang.
Kemampuan motorik tidak akan berkembang melalui kematangan saja, melainkan kemampuan itu harus dipelajari. Jika hal tersebut diabaikan, maka kemampuan motorik anak akan berada di bawah kemampuannya. Sebagai contoh, apabila pada waktu anak mempelajari kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli tidak ada sedikit bimbingan yang diberikan, maka kemampuan tersebut dipelajarinya lebih lambat dan kurang efisien daripada kalau kepada anak ditunjukkan bagaimana cara pass yang sebenarnya, kemampuan yang diperoleh juga akan berbeda.
Secara potensial setiap individu (siswa) memiliki kemampuan gerak yang berbeda-beda. Perbedaan ini disebabkan karena banyak banyak variabel, salah satunya adalah karena faktor keturunan yaitu adanya perubahan-perubahan dalam ukuran badan, tinggi badan, fungsi fisiologis dank arena variabel lingkungan yaitu pengaruh lingkungan tempat anak hidup (pembentukan awal hidup anak). Faktor lingkungan tidak dapat dipisahkan dari pembentukan kemampuan gerak anak. Seorang anak yang memiliki lingkungan terlalu banyak aturan dan larangan cenderung memiliki kemampuan gerak rendah dibanding dengan anak hidup dalam lingkungan yang memiliki kebebasan positif. Anak yang memiliki kebebasan cenderung lebih leluasa mengekpresikan semua potensi geraknya, sehingga memiliki kemampuan gerak yang lebih tinggi. Makin luas pola gerak yang dimiliki seseorang maka makin berpotensi untuk menguasai keterampilan gerak.
Kemampuan gerak seseorang mempunyai implikasi terhadap hasil pembelajaran. Anak yang memiliki kemampuan gerak tinggi cenderung tanpa diperintah saja keinginan gerak sudah tinggi lebih ditambah media bermain. Anak yang memiliki kemampuan gerak rendah, cenderung malas bergerak oleh karena diperlukan bimbingan dan tugas. Mereka akan bergerak apabila ada intruksi dan atau dapat melaksanakan tugas. Model pembelajaran pendekatan latihan biasanya banyak memberikan penjelasan, arahan, bimbingan dan perintah yang mungkin menimbulkan kejemuan anak.

Tidak ada komentar