Home Top Ad

Pengertian Prestasi Belajar menurut para ahli

Share:
Kegiatan evaluasi sering dilakukan dalam dunia pendidikan, , dengan tujuan agar selama satu periode tertentu orang perlu mengetahui hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh peserta didik. Banyak pendapat-pendapat yang dikemukakan para ahli mengenai teori prestasi dan belajar. Untuk memperoleh konsep yang berhubungan dengan variabel prestasi belajar, berikut ini disajikan deskripsi singkat mengenai prestasi dan belajar.

Belajar dapat dikatakan berhasil apabila terjadi proses perubahan perilaku yang berprestasi optimal dalam suasana yang baik. Hal ini sependapat dengan pendapat yang dikemukakan oleh Hamalik (2003: 154) yang mengemukakan bahwa, ”Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman”. Sedangkan menurut Soemarsono (2007: 6), ”Belajar merupakan proses perubahan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang berlangsung terus menerus dalam periode waktu yang panjang”. Belajar menurut Winkel (1996: 53), ”Suatu aktivitas mental/psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat relatif konstan dan berbekas ”.

Prestasi belajar mahasiswa adalah hasil yang telah dicapai mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar juga dapat dikatakan sebagai indikator kualitas pengetahuan yang telah dikuasai oleh anak didik. Menurut Hamalik (2001: 159), ”Prestasi belajar adalah indikator adanya dan derajat perubahan tingkah laku siswa”. Sedangkan menurut Arifin (1990: 3), ”Prestasi adalah kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu hal”. Syah (2002: 214) menjelaskan bahwa, “Prestasi belajar merupakan taraf keberhasilan murid atau santri dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah atau pondok pesantren dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu”.

Dari pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa yang disebut dengan prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh individu setelah proses pembelajaran yang berupa penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dinyatakan dalam bentuk angka. Proses pembelajaran tersebut berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan dan nilai-sikap. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh setelah seseorang melakukan kegiatan belajar serta mampu mengungkapkan gagasan, maupun menganalisis, menciptakan sesuatu hal yang baru.

Tidak ada komentar