Home Top Ad

Pembelajaran Akuntansi di SMA dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Share:
Akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada siswa SMA khususnya jurusan IS. Fungsi mata pelajaran ini di SMA adalah memberikan bekal pengetahuan dasar mengenai akuntansi. Menurut Achmad Tjahjono dan Sulastiningsih (2003: 3), “Secara umum akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif dari suatu unit organisasi atau kesatuan ekonomi yang ditujukan kepada para pemakai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.”

Dari pendapat di atas dapat dipahami bahwa akuntansi merupakan salah satu bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyediaan informasi kuantitatif suatu kesatuan ekonomi yang ditujukan untuk pihak-pihak diluar perusahaan. Bidang ini pun menjadi salah satu mata pelajaran dalam kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya jurusan Ilmu Sosial (IS).
a. Pembelajaran Akuntansi dengan model Pembelajaran Kooperatif
Sebelum kegiatan belajar mengajar dilakukan, maka perlu disusun rancangan pembelajaran akuntansi melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebagai berikut:
a. Presentasi kelas dilakukan oleh guru dengan menggunakan pengajaran langsung atau dengan ceramah.
b. Guru membagi kelompok, kelompok tersusun dari empat atau lima siswa yang mewakili heterogenitas kelas dalam kinerja akademik, jenis kelamin, dan suku
c. Kuis diadakan setelah satu sampai dua periode latihan kelompok. Ketika kuis berlangsung, siswa tidak diperkenankan untuk saling membantu dengan teman yang lain..
d. Skor Perbaikan Individu, tiap siswa memberikan kontribusi poin yang maksimal kepada timnya dan selanjutnya siswa akan mengumpulkan poin yang maksimal kepada tim mereka berdasarkan tingkat kenaikan skor kuis mereka dibandingkan dengan skor awal mereka
e. Penghargaan tim diberikan kepada kelompok apabila tim dapat memperoleh sertifikat atau penghargaan lain apabila skor rata-rata mereka melampaui kriteria tertentu.

Tidak ada komentar