Home Top Ad

Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Share:
Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan model pembelajaran yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawan dari universitas John Hopkins, model belajar ini berorientasi pada pendekatan konstruktivis dan menekankan pada penerapan prinsip-prinsip belajar kognitif. Relevansi dari teori konstruktivis adalah siswa secara aktif membangun pengetahuan sendiri. Slavin (2008: 143) mengatakan bahwa “STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatam kooperatif”.

STAD menitikberatkan pada pemberian motivasi kepada kelompok siswa dalam situasi semangat pembelajaran kooperatif agar dapat berinteraksi dalam kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini peran serta pendidik hanya sebagai fasilitator dan bukan sebagai pemberi informasi, sehingga diharapkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.

Menurut Slavin (2008: 143-145) menyebutkan bahwa STAD terdiri dari lima komponen utama, yaitu; a) Presentasi kelas .b) Kerja tim.c) Kuis.d) Skor Perbaikan Individu.e) Penghargaan Tim

Tidak ada komentar