Home Top Ad

Hasil belajar menurut para ahli

Share:
Belajar sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar. Karena prestasi itu sendiri merupakan hasil belajar dan biasanya dinyatakan dengan nilai. Hasil belajar adalah hasil dimana guru melihat bentuk akhir dari pengalaman interaksi edukatif yang diperhatikan adalah menempatkan tingkah laku. Dapat diartikan bahwa hasil belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku baru berikut pengalaman baru.Hasil belajar merupakan hasil dari proses kompleks. Hal ini disebabkan banyak faktor yang terkandung didalamnya baik yang berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal.

Adapun faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu :1) Faktor fisiologi seperti kondisi fisik dan kondisi indera. 2) Faktor Psikologi meliputi bakat, minat, kecerdasan motivasi, kemampuan kognitif. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah:1) Lingkungan: alam, masyarakat/keluarga.2) Faktor Instrumental : kurikulum/bahan pengajaran sarana dan fasilitas.
Hipotesis Tindakan

Berdasarkan kajian teori, selanjutnya dapat disusun hipotesis tindakan strategi pembelajaran aktif dengan model Everyone is a Teacher sebagai berikut :“Strategi pembelajaran aktif dengan menggunakan model Everyone is a Teacher dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Dengan meningkatkan aktifitas belajar siswa akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa”.

Tidak ada komentar