Tahap perkembangan belajar anak usia dasar sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dari dirinya.. Keduanya tidak mungkin dipisahkan, karena hakekatnya proses belajar terjadi dalam konteks interaksi diri siswa dengan lingkunganya. Dalam teori perkembangan menurut Piaget (1950), anak usia 7-11 tahun berada pada struktur tingkat berpikir operasional konkrit. Menurut Depdiknas (2005:5) anak usia sekolah dasar berada pada tahapan operasional konkrit. Pada rentang usia ini menunjukan perilaku belajar sebagai berikut: 1). Memulai memandang dunia secara obyektif; 2). Mulai berfikir secara rasional; 3). Menggunakan cara berpikir operasional untuk mengklasifikasikan benda-benda; 4). Membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana dan mempergunakan hubungan sebab akibat; 5). Memahami konsep subtansi, volume zat cair, panjang, lebar, luas,dan berat.
2). Ditinjau dari segi pendidikan, maka alat peraga dapat:
Alat peraga ditinjaudari segi pendidikan dapat bermanfaat untuk: a) mempermudah anak dalam menerima pelajaran b) menimbulkan rasa keindahan c) mengembangkan bakat anak,dan d) dapat memiliki kecakapan sebagai bekal hidup
3) Ditinjau dari segi dikdatik, maka alat peraga dapat: a) menarik perhatian anak dan b) menimbulkan motivasi anak dalam belajar c) mencegah timbulnya pengertian yang verbalimse dan membawaanak ke arah yang sebenarnya.
Tidak ada komentar