Home Top Ad

Hakikat Pembelajaran IPA.

Share:
Menurut Nurhadi (2004:54) Ilmu Alam/Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Ilmu Alam/Sains bukan hanya penguasaan kumpulan berupa fakta, konsep, atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
Nurhadi (2004: 185-186) juga menjabarkan ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Alam/Sains. Nurhadi mengelompokkannya dalam dua aspek utama, sebagai berikut: (1) Kerja ilmiah yang mencakup penyelidikan/penelitian, berkomunikasi ilmiah, pengembangan kreatifitas dan pemecahan masalah, sikap, dan nilai ilmiah. (2) Pemahaman konsep dan penerapannya yang mencakup; (a) Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan lingkungan dan kesehatan. (b) Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi cair, padat, dan gas. (c) Energi dan perubahannya, meliputi gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya, dan pesawat sederhana. (d) Bumi dan alam semesta meliputi tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya. (e) Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat merupakan penerapan konsep sains dan ketertarikannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat melalui pembuatan karya teknologi sederhana.

Tidak ada komentar