Keberhasilan sebuah pengajaran dapat diketahui hasilnya melalui asesmen atau penilaian pembelajaran yang berfungsi untuk mengukur kemampuan siswa setelah dilaksanakan proses pembelajaran itu. Penilaian dalam arti luas diungkapkan oleh Mehrens dan Lehmann (dalam Lee, 2009:3) ialah suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat pilihan- pilihan keputusan. Dengan demikian, proses penilaian ini direncanakan dengan sengaja untuk memperoleh informasi atau data data tertentu.
Proses berbicara dalam berbahasa jawa krama alus menggunakan penilaian sikap dan hasil hasil ketrampilan berbicara dengan pedoman penilaian ketrampilan berbicara.
a. Penilaian Proses Berbicara Dalam Berbahasa Jawa Krama Alus
Penilaian proses dapat dilihat dari sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran. Sikap bermula dari perasaan suka atau tidak suka yang terkait dengan kecenderungan dalam merespon sesuatu / obyek. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perolaku atau tindakan yang diinginkan. Sarwiji Suwandi (2008: 89- 90) mengungkapkan bahwa secara umum sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran meliputi beberapa hal, yaitu sikap terhadap materi pelajaran (motivasi mengikuti pelajaran, keseriusan, semangat), sikap terhadap guru (interaksi / respon) dan sikap terhadap proses pembelajaran (perhatian, kerjasama, konsetasi).
b. Penilaian Hasil Ketrampilan Berbicara dalam Berbahasa Jawa Krama Alus
Menilai ketrampilan berbicara siswa bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Lee (2009: 133) mengungkapkan bahwa alat penilaian (tes) itu harus dapat menilai kemampuan mengkomunikasikan gagasan yang tentu saja mencakup kemampuan menggunakan kata, kalimat dan wacana, yang sekaligus mencakup kemampuan kognitif dan psikomotorik. Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang cukup kompleks, karena tidak hanya mencakup intonasi saja, tetapi juga berbagai unsur berbahasa lainnya.
Hal- hal yang yang menjadi indikator dalam penilaian, meliputi: ketepatan penggunaan struktur bahasa, ketepatan penggunaan kosa kata, kefasihan dan kelancaran dalam menyampaikan gagasan.
Tidak ada komentar