Jadi berdasarkan berbagai pendapat dari para ahli, peneliti dapat simpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses penyampaian bahan pelajaran/pengetahuan dari seorang guru kepada siswa-siswanya secara sistematis dan terencana dengan baik agar materi pelajaran yang disampaikan dapat diterima dan dikuasai siswa sehingga tujuan pengajaran dapat dicapai dengan baik dan efektif.
Pengertian Pembelajaran adalah
“Pembelajaran adalah segala upaya yang disengaja dalam rangka memberi kemungkinan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar sesuai dengan tujuan yang telah diluruskan” (Ali, 2002:12). Adapun menurut Hamalik (2003:57), “Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan belajar”. Selanjutnya Corey dalam Segala (2004:61). “Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu”.
Jadi berdasarkan berbagai pendapat dari para ahli, peneliti dapat simpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses penyampaian bahan pelajaran/pengetahuan dari seorang guru kepada siswa-siswanya secara sistematis dan terencana dengan baik agar materi pelajaran yang disampaikan dapat diterima dan dikuasai siswa sehingga tujuan pengajaran dapat dicapai dengan baik dan efektif.
Jadi berdasarkan berbagai pendapat dari para ahli, peneliti dapat simpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses penyampaian bahan pelajaran/pengetahuan dari seorang guru kepada siswa-siswanya secara sistematis dan terencana dengan baik agar materi pelajaran yang disampaikan dapat diterima dan dikuasai siswa sehingga tujuan pengajaran dapat dicapai dengan baik dan efektif.
Tidak ada komentar