Pendidikan saat ini menuntut dilakukannya perubahan proses pembelajaran.Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran. Peran Guru saat ini diarahkan untuk menjadi fasilitator yang dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, bukan sekedar menyampaikan materi saja.
Menurut Gie ( dalam wawan, 2010: 1 ), aktivitas belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas secara sadar yang dilakukan oleh seseorang yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifatnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan.
Menurut Hamalik ( 2011: 171 ) yang mengatakan bahwa pembelajaran yang efektif dalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri. Dalam aktivitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran, mereka belajar sambil bekerja. Dengan bekerja tersebut, siswa mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan aspek – aspek tingkah laku lainnya.
Menurut Paul D.Dierich ( dalam Hamalik, 2011: 172 ) aktivitas belajar dibagi ke dalam 8 kelompok, yaitu : 1)Kegiatan – kegiatan visual yang termasuk di dalam kegiatan visual diantaranya membaca, melihat gambar – gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain. 2)Kegiatan – kegiatan lisan yang termasuk di dalamnya antara lain mengemukakan suatu fakta, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi dan interupsi. 3)Kegiatan – kegiatan mendengarkan, yang termasuk di dalamnya antara lain mendengarkan penyajian bahan, mendengarkan percakapan atau diskusi, mendengarkan suatu permainan, mendengarkan radio. 4)Kegiatan – kegiatan menulis, yang termasuk di dalamnyaantara lain menulis, cerita, memeriksa karangan, membuat rangkuman, mengerjakan te, dan mengisi angket.
5)Kegiatan – kegiatan menggambar, yang termasuk di dalamnya antara lain menggambar, membuat grafik, chart, diagram peta, dan pola. 6)Kegiatan – kegiatan metrik, yang termasuk di dalamnya antara lain melakukan percobaan, memilih alat – alat, melaksanakan pameran, menyelenggarakan permainan, menari dan berkebun. 7)Kegiatan – kegiatan mental, yang termasuk di dalamnya antara lain merenungkan mengingat, memecahkan masalah, menganalisis, melihat hubungan – hubungan dan membuat keputusan. 8)Kegiatan – kegiatan emosiaonal, yang termasuk di dalamnya antar lain minat, membedakan, berani, tenang dan lain - lain.
Tidak ada komentar