Home Top Ad

Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya

Share:
Tutor Sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Ini merupakan pendekatan kooperatif bukan kompetitif. Rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama. Tutor Sebaya dikenal dengan pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik, hal ini bisa terjadi ketika peserta didik yang lebih mampu menyelesaikan  pekerjaannya  sendiri  dan  kemudian  membantu  peserta  didik  lain yang kurang mampu. Konsep  tutoring  secara  umum  diartikan  sebagai  proses  yang  melibatkanseseorang  untuk  memberikan  bantuan  dan  bimbingan  belajar  kepada  orang  lain dalam  kegiatan  pembelajaran.  Dengan  kata  lain  konsep  tutoring  adalah  kegiatan tutorial    yang   mencakup   bimbingan   dan   bantuan   belajar   perseorangan   atau kelompok.  Tutor  sebaya  pada  hakekatnya  melibatkan  tugas  yang  memungkinkan siswa  saling  membantu   dan  mendukung  satu  sama  lain  dalam   menyelesaikan tugas.  Dalam  model  pembelajaran  ini  siswa  akan  memiliki  persepsi  yang  sama, mempunyai  tanggung  jawab  individual  dan  kelompok  dalam  mempelajari  materi yang diberikan.

Penerapan  metode  tutor  sebaya pada mulanya  bertujuan  untuk memberikan bimbingan bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Pada  perkembangan dunia pendidikan saat ini, metode tutor sebaya mulai diterapkan di beberapa sekolah dengan  tujan    untuk    menarik    perhatian    siswa    sehinga diharapkan  prestasi  belajar  siswa  meningkat.  Menurut  Silberman  (2001:157) tujuan metode tutor sebaya adalah “Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik. Pada waktu yang sama, ia menjadi narasumber bagi yang lain. Strategi tersebut merupakan cara praktis untuk menghasilkan mengajar teman sebaya di dalam kelas”.

Tidak ada komentar