Tutor Sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Ini merupakan pendekatan kooperatif bukan kompetitif. Rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama. Tutor Sebaya dikenal dengan pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik, hal ini bisa terjadi ketika peserta didik yang lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya sendiri dan kemudian membantu peserta didik lain yang kurang mampu. Konsep tutoring secara umum diartikan sebagai proses yang melibatkanseseorang untuk memberikan bantuan dan bimbingan belajar kepada orang lain dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain konsep tutoring adalah kegiatan tutorial yang mencakup bimbingan dan bantuan belajar perseorangan atau kelompok. Tutor sebaya pada hakekatnya melibatkan tugas yang memungkinkan siswa saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam menyelesaikan tugas. Dalam model pembelajaran ini siswa akan memiliki persepsi yang sama, mempunyai tanggung jawab individual dan kelompok dalam mempelajari materi yang diberikan.
Penerapan metode tutor sebaya pada mulanya bertujuan untuk memberikan bimbingan bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Pada perkembangan dunia pendidikan saat ini, metode tutor sebaya mulai diterapkan di beberapa sekolah dengan tujan untuk menarik perhatian siswa sehinga diharapkan prestasi belajar siswa meningkat. Menurut Silberman (2001:157) tujuan metode tutor sebaya adalah “Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik. Pada waktu yang sama, ia menjadi narasumber bagi yang lain. Strategi tersebut merupakan cara praktis untuk menghasilkan mengajar teman sebaya di dalam kelas”.
Tidak ada komentar