Pada Belajar Tuntas (mastery learning) terdapat prinsip-prisip tentang hasil belajar : peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik. “Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”. (John B. Carrol, A Model of School Learning).
Untuk mengukur ketuntasan peserta didik dilakukan dengan penilaian. Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, interpretasi informasi untuk membuat keputusan. Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian hasil belajar/ kompetensi siswa. Untuk penilaian secara kalsikal terdapat ciri-ciri sebagai berikut: 1. belajar tuntas; 2. Otentik; 3.berkesinambungan; 4. berdasarkan acuan kriteria / patokan; 5. menggunakan berbagai cara & alat penilaian
Tidak ada komentar